Tauhid dan keamanan
๐ก *SRANDAKAN BELAJAR "SUNNAH",*
18 Jumadilawwal 1439/4 Februari 2018
๐⏱๐⏱๐⏱๐⏱๐⏱๐⏱๐⏱๐⏱๐
*ANTARA TAUHID*
*DENGAN KEAMANAN DAN HIDAYAH*
Semua orang tentu saja menghendaki mendapatkan keamanan dan hidayah dari Allah ta'ala ,tentu saja keamanan yang menghantarkan kepada keamanan di akhirat dan juga hidayah yang menghantarkan hidayah di akhirat.
Maka perlu kiranya untuk menyimak firman Allah ta'ala berikut ini dengan penjelasan para ulama berkaitan dengannya.Allah ta'ala berfirman:
ุงَّูุฐَِูู ุขู
َُููุง ََููู
ْ َْููุจِุณُูุง ุฅِูู
َุงَُููู
ุจِุธُْูู
ٍ ุฃَُٰููุฆَِู َُููู
ُ ุงْูุฃَู
ُْู َُููู
ู
ُّْูุชَุฏُูู
[ ุงูุฃูุนุงู
:ูจูข ]
Orang-orang yang *beriman* dan *tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik)*, mereka itulah yang mendapat *keamanan* dan mereka itu adalah *orang-orang yang mendapat petunjuk.* [ Al An'am : 82 ]
Keamanan yang dijanjikan Allah ta'ala adalah *keamanan yang sempurna [ Al Amnu At taamm ]* baik di dunia maupun di akhirat bagi orang-orang yang memenuhi syaratnya, sehingga mencakup :
1. Keamanan dalam beragama
2. Keamanan jiwa dan ketentraman jiwa
3. Keamanan akan kehormatan diri
4. Keamanan dalam mendapatkan Rizqi
5. Keamanan dalam negara
6. Keamanan penduduk dalam kehidupannya
7. Keamanan dari penguasaan orang kafir
8. Keamanan dari datangnya kiamat
9. Keamanan dari siksa kubur
10. Keamanan dari neraka
Begitu pula mereka akan mendapatkan *hidayah yang sempurna [ Al Ihtidaa u At taamm ]* bagi yang melengkapi syaratnya, yaitu meliputi :
1. Hidayah yang bersifat rinci dalam menjalankannya
agama.
2. Pelurusan Allah ta'ala terhadap niat,kehendak ,
gerak-gerik serta ketika diamnya atau amalannya.
3. Penjagaan Allah ta'ala dari setiap yang menjadikan
Allah murka yang berupa bid'ah,maksiat,fitnah
syahwat maupun fitnah syubhat.
4. Hidayah menuju surga
Inilah keamanan dan hidayah yang dijanjikan Allah ta'ala bagi yang melengkapi syarat - syaratnya.
๐ฅDi antara syarat yang disebutkan dalam ayat tersebut adalah *Keimanan yang tidak tercampur dengan kezholiman*.
Kemudian apa yang dimaksud *kezholiman* dalam ayat tersebut?
๐ *Dikarenakan kezholiman ada 3 jenis :*
1. Kezholiman kepada Allah [ syirik ]
2. Kezholiman kepada sesama
3. Kezholiman kepada diri sendiri
Dalam hadits riwayat Al Bukhori : 3429 dan Muslim : 124 dari sahabat 'Abdullah bin Mas'ud - Rodhiyallahu'anhu- menyatakan:
Ketika turun ayat ini ( "Orang - orang yang tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezholiman ..") maka para sahabat merasa berat seraya berkata:
"wahai Rosulullah,siapakah di antara kita yang terbebas dari kezholiman terhadap dirinya sendiri?".
[ Kalau begitu kami tidak akan mendapat keamanan dan hidayah ?]
Maka Rosulullah bersabda: "maksud kezholiman di ayat tersebut tidak seperti yang kalian pikirkan,tidakkah kalian mendengar perkataan Lukman kepada anaknya:
َูุง ุจََُّูู َูุง ุชُุดْุฑِْู ุจِุงَِّููู ۖ ุฅَِّู ุงูุดِّุฑَْู َูุธُْูู
ٌ ุนَุธِูู
" Wahai anakku janganlah kamu berbuat syirik kepada Allah!sesungguhnya perilaku syirik itu adalah perbuatan zholim ".
Sehingga dalam hal ini manusia dapat dibagi menjadi 3 macam:
1. Orang-orang yang mewujudkan tauhid dan selamat
dari 3 jenis kezholiman [ Zholim kepada Allah,zholim
kepada sesama dan zholim kepada diri sendiri],
maka dia akan mendapatkan *keamanan yang*
*sempurna* dan *hidayah yang sempurna* ,
baik di dunia,alam barzakh dan Akhirat.
2. Orang - orang yang bertauhid dan meninggalkan
kesyirikan namun berbuat zholim kepada orang lain
dan diri sendiri [ yang dibawah kesyirikan ],
*maka dia akan merasakan ketakutan di dunia,*
*alam kubur dan akhirat dan akan terluput dari*
*sebagian keamanan dan hidayah sebatas dengan*
*kezholimannya* apabila Allah menghendakinya,
kemudian Allah akan memasukkannya ke dalam
surga.
3. Orang-orang yang mencampuradukkan keimanan
dengan kezholiman yang paling besar [ syirik kepada
Allah ], *niscaya mereka akan dihalangi dari pokok*
*keamanan dan pokok hidayah* baik di dunia,alam
kubur maupun di akhirat.
[ Seandainya mereka mendapatkan keamanan di
dunia itu adalah keamanan semu yang akan
menghantarkan adzab di akhirat dan tempat kembali
mereka adalah neraka ,mereka kekal di dalamnya.
Maka jika seorang hamba yang menginginkan keamanan dan hidayah baik di dunia maupun di akhirat sudah seharusnya baginya untuk mencari sebab - sebabnya yaitu *mewujudkan keimanan dalam dirinya dan meninggalkan segala bentuk kesyirikan* dengan bahasa yang lain *mewujudkan tauhid kepada Allah ta'ala dengan berlepas dari segala macam bentuk kesyirikan*.
Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang berusaha mewujudkannya baik dalam diri kita,keluarga kita maupun masyarakat kita.
ู ุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขูู ู ุตุญุจู ู ุณูู
ู ุขุฎุฑ ุฏุนูุงูุง ุฃู ุงูุญู
ุฏ ููู ุฑุจ ุงูุนุงูู
ูู
๐ุงูู
ุฑุงุฌุน :
ูก.ุงููุฑุขู ุงูุญุฑูู
ูข. ุนููุงู ุงูุณุนุงุฏุฉ ูู ุดุฑุญ ูุชุงุจ ุชูุญูุฏ ุงูุนุจุงุฏุฉ،ุนุจุฏุงูุฑุญู
ู ู
ุญู
ุฏ ู
ูุณู ุขู ูุตุฑ - ุฑุญู
ู ุงููู ุชุนุงูู -
ูฃ. ุงูู
ุฑุฌุน ุงูุขุฎุฑ
๐Piyantun Jopaten
Komentar
Posting Komentar