APABILA HARI 'ID BERTEPATAN DENGAN HARI JUM'AT


🍁 *FATWA AL LAJNAH AD DAIMAH TENTANG MASALAH APABILA HARI RAYA BERTEPATAN DENGAN HARI JUM'AT*🍁

🎙 *Pertanyaan*:

"Al hamdulillah wahdah washsholatu wa salaamu 'alaa man laa nabiyya ba'dahu wa 'ala Alihi wa sohbihi..
Amma ba'du :

Telah banyak pertanyaan tentang apabila hari raya bertepatan dengan hari Jum'at sehingga bertemu 2 hari raya yaitu :
Hari raya 'idul Fithri atau 'Iduladha dengan hari Jum'at yang merupakan hari raya pekanan,
Apakah wajib sholat Jum'at bagi yang telah melaksanakan sholat 'id ?
Ataukah sholat 'id telah mencukupi dari sholat Jum'at dan sholat zhuhur sebagai ganti sholat 'id?
Apakah sholat zhuhur di masjid juga mengumandangkan adzan ataukah tidak?
Sampai selesai ...
Maka Al lajnah Ad daimah lilbuhuutsi wa Al ifta' mengeluarkan fatwa berikut :

🍁🍁 *Jawaban:*

"Dalam masalah ini terdapat hadits - hadits marfu' dan atsar - atsar mauquf,diantaranya :

1.Hadits Zaid bin Arqom - rodhiyallahu'anhu - bahwa Mu'awiyah bin Abi Sufyan - rodhiyallahu'anhu - bertanya kepadanya :
"Apakah engkau pernah mendapati bersama Rosulullah shollallahu'alaihi wa sallam dua hari raya yang bertepatan pada satu hari?
Dia berkata : "ya".
Mu'awiyah berkata : "lalu bagaimana yang diperbuat oleh Rasulullah"?
Zaid bin Arqom menjawab :"beliau shollallahu'alaihi wa sallam sholat 'id kemudian memberi keringanan untuk tidak sholat Jum'at,maka beliau bersabda :

من شاء أن يصلي فليصل

"Barangsiapa yang hendak sholat Jum'at maka silahkan sholat"
[ HR Ahmad,Abu Dawud,An Nasai,Ibnu Majah,Ad Darimiy dan Al Hakim dalam Al Mustadrok seraya berkata : hadits ini sanadnya Shohih namun tidak dikeluarkan oleh Al Bukhori dan Muslim dan dia mempunyai syahid atas syarat Muslim dan disetujui oleh Adz Dzahabiy,Imam An Nawawi berkata dalam "Al Majmu' " : "sanadnya jayyid".

2.Dan hadits yang menjadi syahid adalah hadits Abu Hurairah - rodhiyallahu'anhu - bahwasanya Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam bersabda :

" قَدِ اجْتَمَعَ فِي يَوْمِكُمْ هَذَا عِيدَانِ ؛ فَمَنْ شَاءَ أَجْزَأَهُ مِنَ الْجُمُعَةِ، وَإِنَّا مُجَمِّعُونَ ".
رواه الحاكم و أبو داود و ابن ماجة و ابن الجارود و البيهقي و غيهم

"Telah berkumpul 2 hari raya pada hari kalian ini,maka dia telah mencukupi dari sholat Jum'at bagi yang menginginkannya ,namun kami tetap melaksanakan sholat Jum'at"
[ HR Al Hakim,Abu Dawud,Ibnu Majah,Ibnu Al Harus,Al Baihaqi dan selain mereka ]

3. Hadits Ibnu 'Umar - rodhiyallahu'anhuma - berkata :

اجْتَمَعَ عِيدَانِ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَلَّى بِالنَّاسِ، ثُمَّ قَالَ : " مَنْ شَاءَ أَنْ يَأْتِيَ الْجُمُعَةَ فَلْيَأْتِهَا، وَمَنْ شَاءَ أَنْ يَتَخَلَّفَ فَلْيَتَخَلَّفْ ".

[ رواه ابن ماجة ]

Telah bertepatan 2 hari raya di masa Rosulullah shollallahu'alaihi wa sallam maka beliau melaksanakan sholat'id kemudian bersabda :
"Barangsiapa yang hendak melaksanakan sholat Jum'at  maka laksanakanlah!, barangsiapa yang hendak meninggalkan shalat Jum'at maka tinggalkanlah sholat Jum'at!".
[ HR Ibnu Majah ]

At Thobroni meriwayatkan dalam "Al Mu'jam Al Kabir" dengan lafazh :
اجتمع عيدان على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم : يوم فطر و جمعة،فصلى بهم رسول الله صلى الله عليه وسلم العيد،ثم أقبل عليهم بوجهه فقال :
يا أيها الناس إنكم قد أصبتم خيرا و أجرا و إنا مجمعون،و من أراد أن يجمع معنا فليجمع،و من أراد أن يرجع إلى أهله فليرجع.

"telah bertepatan 2 hari raya di zaman Rasulullah shalallahu'alaihi wa salam : hari 'Idulfithri dan hari Jum'at,maka Rosulullah shollallahu'alaihi wa sallam melaksanakan sholat 'Idulfithri kemudian menghadap kepada manusia dengan wajah beliau lalu bersabda :
"Wahai sekalian manusia sesungguhnya kalian telah mendapatkan kebaikan dan pahala sedangkan aku akan melakukan sholat Jum'at dan barang siapa yang hendak sholat Jum'at bersama kami maka sholatlah Jum'at!dan barang siapa yang ingin kembali kepada keluarganya maka silahkan kembali.

4.Hadits Ibnu'Abbas - rodhiyallahu'anhuma - bahwa Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam bersabda :

اجْتَمَعَ عِيدَانِ فِي يَوْمِكُمْ هَذَا، فَمَنْ شَاءَ أَجْزَأَهُ مِنَ الْجُمُعَةِ، وَإِنَّا مُجَمِّعُونَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ ".

"Telah berkumpul 2 'Id pada hari kalian ini,maka telah mencukupi baginya dari sholat Jum'at bagi yang menghendaki, sedangkan kami akan melaksanakan sholat Jum'at , insya Allah"
 [ HR Ibnu Majah dan Al Baushiiriy berkata : jalurnya shohih dan perowi - perowinya tsiqoh ]

5.Dan hadits mursal Dzakwan bin Sholih berkata :

"Telah berkumpul 2 hari raya di masa Rasulullah shalallahu'alaihi wa salam yaitu hari Jum'at dan hari 'Id maka beliau melaksanakan sholat 'Id kemudian beliau berdiri lalu berkhutbah kepada manusia , kemudian bersabda :
"Sungguh kalian telah berdzikir dan mendapatkan kebaikan sedangkan aku akan melaksanakan sholat Jum'at,maka barangsiapa yang hendak duduk [ tetap di rumah ] silahkan dia duduk!
Dan barangsiapa yang hendak melaksanakan sholat Jum'at silahkan dia melaksanakan sholat Jum'at!
[ HR Al Baihaqi dalam "As sunan Al kubro"]

6.Dan dari 'Atho' bin Abi Robbah berkata:

صَلَّى بِنَا ابْنُ الزُّبَيْرِ فِي يَوْمِ عِيدٍ فِي يَوْمِ جُمُعَةٍ أَوَّلَ النَّهَارِ، ثُمَّ رُحْنَا إِلَى الْجُمُعَةِ، فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْنَا، فَصَلَّيْنَا وُحْدَانًا. وَكَانَ ابْنُ عَبَّاسٍبِالطَّائِفِ، فَلَمَّا قَدِمَ ذَكَرْنَا ذَلِكَ لَهُ، فَقَالَ : أَصَابَ السُّنَّةَ.

Ibnu Az Zubair sholat bersama kami di awal siang di hari 'id di hari Jum'at,maka kami kembali untuk menunaikan sholat Jum'at namun Ibnu Az Zubair tidak keluar kepada kami maka kami sholat sendiri.
Dan ketika itu Ibnu 'Abbas berada di Thoif ,maka ketika  dia telah datang kemudian kami sebutkan kejadian itu,maka Ibnu 'Abbas berkata :
"Perbuatannya telah sesuai Sunnah"
[ HR Abu Dawud ]
Dan dikeluarkan oleh Ibnu khuzaimah dengan redaksi lain dan beliau menambah di akhirnya:
Ibnu Az Zubair berkata :
"Aku melihat 'Umar bin Khoththob apabila bertemu 2 hari raya maka beliau melakukan seperti itu".

7.Dan dalam Shohih Al Bukhori - rohimahullah ta'ala - dan Muwaththo' Imam Malik - rohimahullah ta'ala - dari Abi 'Ubaid Maula Ibnu Azhar telah berkata Abu 'Ubaid :
"Aku mengalami 2 'Id bersama 'Utsman bin 'Affan dan ketika itu hari Jum'at ,maka dia sholat 'Id sebelum khutbah kemudian berkhutbah lalu berkata :
"Wahai manusia! sesungguhnya hari ini telah berkumpul 2 'Id bagi kalian,maka barangsiapa yang ingin menunggu sholat Jum'at dari penduduk dataran tinggi maka silahkan menunggunya,dan barang siapa ingin kembali maka aku perkenankan baginya.

8.Dan dari 'Ali bin Abi Thalib - rodhiyallahu'anhu - berkata ketika telah berkumpul dua 'Id dalam satu hari :
" Barangsiapa yang hendak sholat Jum'at silahkan melaksanakannya,dan barang siapa yang tidak hendak melaksanakan sholat Jum'at maka tinggalkanlah".
Sufyan berkata : yaitu tinggal dirumahnya.
[ HR Abdurrazaq dalam Al Mushonnaf dan yang serupa disisi Ibnu Abi Syaibah ].

Dan dengan berlandaskan dengan hadits - hadits yang marfu' kepada Rosulullah shollallahu'alaihi wa sallam ini, atsar - atsar yang mauquf dari beberapa sahabat - rodhiyallahu'anhum - ,dan apa yang telah ditetapkan oleh jumhur 'ulama dalam memahaminya,maka lembaga Fatwa Saudi menjelaskan hukum-hukum berikut ini :

🍁1. Barangsiapa yang menghadiri sholat 'id maka dia mendapatkan keringanan untuk tidak menghadiri sholat Jum'at,dan cukup sholat Zhuhur di waktu zhuhur,namun jika dia mengambil 'azimah untuk sholat lalu dia sholat Jum'at bersama manusia maka yang demikian itu lebih utama.

🍀2.Barang siapa yang tidak sholat 'Id maka tidak termasuk  yang mendapatkan rukhshoh / keringanan,  oleh sebab itu tidak gugur kewajibannya untuk sholat Jum'at,maka wajib baginya untuk berusaha ke masjid untuk menunaikan sholat Jum'at.
apabila tidak didapati sejumlah orang untuk sholat Jum'at maka dia dapat melaksanakan sholat zhuhur.

🌼3.Wajib bagi Imam masjid untuk melaksanakan sholat Jum'at pada hari itu supaya orang yang ingin menghadirinya dan orang yang belum sholat 'Id dapat melaksanakan sholat Jum'at.
Apabila dihadiri beberapa orang yang dapat terlaksana sholat Jum'at maka sholat Jum'at dilaksanakan namun jika tidak maka dilaksanakan sholat Zhuhur.

🍒4.Barangsiapa telah melaksanakan sholat 'Id dan mendapatkan keringanan untuk tidak sholat Jum'at maka dia melaksanakan sholat zhuhur setelah masuk waktu zhuhur.

🍉5.Tidak disyariatkan pada waktu ini adzan kecuali bagi masjid - masjid yang akan dilaksanakan padanya sholat Jum'at,maka tidak disyariatkan adzan sholat zhuhur pada hari itu.

🌴6.Pendapat yang mengatakan bahwasanya barang siapa yang telah melaksanakan sholat'Id maka telah gugur kewajiban sholat Jum'at dan sholat Zhuhur pada hari itu adalah pendapat yang tidak benar.
Dan untuk itu para ulama memperingatkan dengan tegas dan menghukumi mereka dengan tindakan salah dan pendapat tersebut nyeleneh disebabkan pendapat tersebut telah menyelesihinya Sunnah dan telah menggugurkan salah satu kewajiban dari kewajiban yang Allah perintahkan tanpa didasari dalil ,dan bisa jadi orang yang berpendapat seperti ini dikarenakan belum sampainya dalil dari Sunnah atau atsar yang memberikan keringanan bagi orang yang telah melaksanakan sholat'Id untuk tidak sholat Jum'at namun wajib baginya sholat zhuhur.

Wallahu a'lam

و صلى الله على نبينا محمد وعلى آله و صحبه و سلم

Al lajnah Ad daimah lilbuhuutsi wa Al ifta
- Syaikh Abdul'Aziz bin Abdillah alu Syaikh
- Syaikh 'Abdullah bin Abdurrahman Al ghudayan
- Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid
- Syaikh Sholih bin Fauzan Al Fauzan

🌐 https://islamqa.info/ar/109323

🖋 Alih bahasa : Juantara Abdulaziz Al Atsari
                                 [ Pengajar di Islamic Center Bin Bazz ]

و صلى الله على نبينا محمد وعلى آله و صحبه و سلم
و آخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa bukti Anda cinta kepada Allah ta'ala

ISTRI MENGELUH KARENA BANYAK TAMU

TANDA AMALAN DITERIMA [ KHUTBAH JUMAT ]