Ziarah kubur di hari Jum'at

 DERAJAT HADITS ZIARAH KUBUR DI HARI JUM'AT


فقد روى الطبراني في المعجم الأوسط والصغير عن أبي هريرة رضي الله عنه، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من زار قبر أبويه أو أحدهما في كل جمعة غفر له وكتب براً.
ورواه البيهقي أيضاً في شعب الإيمان بنفس اللفظ، قال الطبراني في المعجم الأوسط: لا يروى هذا الحديث عن رسول الله صلى الله عليه وسلم،إلا بهذا الإسناد، تفرد به يحيى بن العلاء . انتهى
وهذا الحديث موضوع، كما ذكر ذلك الشيخ الألباني رحمه الله في السلسلة الضعيفة برقم 49، وفي ضعيف الجامع الصغير وزياداته برقم 5605، وللحكم عليه بالوضع أسباب كثيرة تراجع في السلسلة الضعيفة بالرقم المذكور.
وبناءً على ذلك، فإنه لا ينبني عليه حكم، لأنه من قسم الحديث المردود، ولمعرفة معنى الحديث الموضوع وحكمه، راجع الفتوى رقم:
16192
والله أعلم.

 Hadits tersebut diriwayatkan oleh Thobroni dalam kitab "Al mu'jam Al ausath dan Al mu'jam Asha Shoghir, dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu,Rosulullah - shollallahu 'alaihi wa salam bersabda :

من زار قبر أبويه أو أحدهما في كل جمعة غفر له و كتب برا

" Barang siapa yang menziarahi kuburan bapak ibunya atau salah satunya di setiap hari Jum'at niscaya akan diampunkan mayitnya dan dituliskan kebaktian baginya [ kepada orang tuanya ]".

Dan Al Baihaqi meriwayatkan juga dalam "syu'abu Al iman dengan redaksi yang sama.

Al imam Ath Thobroni berkata dalam "Al Mu'jam Al Ausath" :

"Tidaklah  diriwayatkan hadits ini dari Rosulullah - shollallahu'alaihi wa salam - kecuali dengan jalur ini,dimana bersendirian padanya *Yahya bin 'Alla'*.selesai.

Sedangkan hadits ini adalah hadits *Maudhu'/palsu*,sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Al Albani - rohimahullah - dalam "Al silsilah Al Ahadits Adh dho'ifah no : 49 ,dan dalam "Dho'ifah Al Jami' Asha Shoghir" beserta tambahannya dengan no : 5605.
Dan penyebab hadits tersebut dihukumi Maudhu'/palsu adalah banyak sebab.silahkan diperiksa nomer di atas dari kitab "silsilah Al Ahadits Adh dho'ifah".

Berdasarkan hal ini maka tidak boleh mengamalkan amalan [ mengkhususkan ziarah di hari Jum'at ] ,dikarenakan derajat hadits tersebut termasuk hadits yang mardud [ tertolak dari sisi ilmu hadits ].
Untuk mengetahui arti hadits palsu dan hukum hadits palsu silahkan merujuk ke fatwa no : 16192

Wallahu a'lam

🌐 http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=22138

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa bukti Anda cinta kepada Allah ta'ala

ISTRI MENGELUH KARENA BANYAK TAMU

TANDA AMALAN DITERIMA [ KHUTBAH JUMAT ]