APAKAH CINTA TANAH AIR TERMASUK IMAN
๐Srandakan belajar "Sunnah"
๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ๐๐ผ
*APAKAH CINTA TANAH AIR TERMASUK IMAN*
๐ *Pertanyaan :*
Si penanya bertanya tentang pernyataan yang banyak beredar di kalangan manusia yaitu :
ุญุจ ุงููุทู ู
ู ุงูุงูู
ุงู
"Cinta tanah air termasuk bagian keimanan"
Apakah haditsnya berstatus shohih,riwayat siapa,dan shohihkan maknanya?
๐ค *Jawaban :*
Al Imam Al 'Ajluny berkata dalam " kasyfulkhofa' " :
"Cinta tanah air sebagian dari iman ",kata Ash shon'any : haditsnya *maudhu' [ palsu ].*
Berkata dalam "Al Maqoshid ( Imam As Sakhowy:386 ):
"Aku tidak berada di atasnya,namun artinya benar ".
Al Imam Al Qori membatah pendapat di atas "namun artinya benar" ,ini pendapat aneh dikarenakan tidak ada keterkaitan antara cinta tanah air dengan keimanan.
Dan dia menyanggah juga dengan berdalil dengan firman Allah ta'ala :
ََْููู ุฃََّูุง َูุชَุจَْูุง ุนََِْูููู
ْ ุฃَِู ุงْูุชُُููุง ุฃَُููุณَُูู
ْ ุฃَِู ุงุฎْุฑُุฌُูุง ู
ِู ุฏَِูุงุฑُِูู
ู
َّุง َูุนَُُููู ุฅَِّูุง ٌَِูููู ู
ُِّْููู
ْ ۖ
"Dan sesungguhnya kalau Kami perintahkan kepada mereka: "Bunuhlah dirimu atau keluarlah kamu dari kampungmu", niscaya mereka tidak akan melakukannya kecuali sebagian kecil dari mereka."
[ An Nisa' : 66 ]
Ayat ini menunjukkan bahwa mereka [ orang - orang munafik ] cinta terhadap tanah air mereka walaupun mereka tidak beriman,dikarenakan kata ganti di dalam kalimat ini yang dimaksud adalah orang - orang munafik
Namun ada juga sebagian pendapat yang menguatkan pendapat bahwa ucapan "cinta tanah air sebagian dari iman",yaitu dikarenakan maksud pernyataan itu bukanlah "tidak cinta tanah air kecuali orang beriman",,namun maksudnya adalah "cinta tanah air tidak menghilangkan keimanan".
Pendapat yang paling menonjol dalam mengartikan hadits tersebut - *andaikan haditsnya shohih - adalah mengartikan " tanah air" dengan *surga*,yaitu tempat pertama kali bagi Adam 'alaihissalam atau maksudnya adalah *Mekah* disebabkan karena dia Ibunya kota - kota [ ummulquro ],atau arti "tanah air " adalah *negeri yang dikenal*,namun dengan syarat sebab kecintaannya adalah karena adanya silaturrahmi,kebaikannya terhadap kaum fakir miskin dan anak yatim dalam negeri tersebut.
Dan yang pasti bahwasanya tidak harus sesuatu yang memiliki satu ciri, kemudian sesuatu tersebut dikhususkan dengan ciri tersebut secara mutlak,namun cukup dengan yang kebanyakannya.
Tidakkah Anda tahu sebuah hadits :
ุญุณู ุงูุนูุฏ ู
ู ุงูุฅูู
ุงู، ู ุญุจ ุงูุนุฑุจ ู
ู ุงูุฅูู
ุงู
"Baiknya perjanjian termasuk iman dan mencintai orang Arab termasuk keimanan ".(*)
Padahal kedua sifat tersebut didapati juga pada orang-orang kafir.selesai secara ringkas.
*Al Imam Al Albany - rohimahullahu ta'ala - berkata :*
Hadits yang berbunyi : "cinta tanah air adalah sebagian keimanan" adalah hadits *maudhu' [ hadits palsu ],* sebagaimana yang dinyatakan oleh Al Imam Ash shon'any - rohimahullah ta'ala - ,serta maknanya tidak benar,dikarenakan "cinta tanah air" hanyalah seperti cinta terhadap jiwa,harta dan lain sebagainya.
Semua itu termasuk jenis cinta yang alami/ naluri pada diri manusia sehingga tidak dipuji dan tidak termasuk konsekuensi keimanan.
Tidakkah Anda melihat bahwa semua orang memiliki cinta seperti ini?baik statusnya Muslim maupun kafir.
Selesai
Wallahu a'lam
(*) Asy syaikh Ibnu Bazz : Hadits seputar keutamaan orang Arab rata - rata statusnya dho'if
๐https://ar.islamway.net/fatwa/22851/ู
ุง-ุฌุงุก-ูู-ุฃู-ุญุจ-ุงููุทู-ู
ู-ุงูุฅูู
ุงู
ู ุตูู ุงููู ุนูู ูุจููุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขูู ูุตุญุจู ูุณูู
ู ุขุฎุฑ ุฏุนูุงูุง ุฃู ุงูุญู
ุฏ ููู ุฑุจ ุงูุนุงูู
ูู
๐Alih bahasa : Piyantun Jopaten
Komentar
Posting Komentar